Syarat & Ketentuan

Selamat datang di www.gratisongkir.id. Demi kemudahan Anda berbelanja, kami membuat Syarat dan Ketentuan Gratis Ongkir ini. Kami mengharapkan Anda untuk membaca, memahami, menerima dan menyetujui semua Syarat dan Ketentuan ini sebelum menggunakan dan/atau mengakses konten yang terdapat di www.gratisongkir.id.

Jika ada yang masih kurang dipahami, jangan segan-segan bertanya kepada kami melalui kontak yang berada di bawah beranda ataupun fitur pesan ke admin. Kami akan senang menjawab pertanyaan Anda.

  1. PENDAHULUAN

    Terima kasih kami ucapkan kepada Anda yang mempercayakan belanja kebutuhan di Gratis Ongkir. Kepercayaan Anda akan kami jaga sebagai komitmen kami dalam memberikan pelayanan yang prima. Hingga terciptanya Syarat dan Ketentuan untuk menjaga dan melindung kenyamanan Anda serta kami selama dalam ranah Gratis Ongkir.

    Terima kasih kami ucapkan kepada Anda yang mempercayakan belanja kebutuhan di Gratis Ongkir. Kepercayaan Anda akan kami jaga sebagai komitmen kami dalam memberikan pelayanan yang prima. Hingga terciptanya Syarat dan Ketentuan untuk menjaga dan melindungi kenyamanan Anda serta kami selama dalam ranah Gratis Ongkir.

    Kami berharap ketika Anda menggunakan situs www.gratisongkir.id dan aplikasi mobile Gratis Ongkir, Anda telah menjadi mitra kami dalam upaya menggerakkan ekonomi Indonesia. Anda akan memperoleh pelayanan prima dari Gratis Ongkir. Silakan bertanya kepada kami mengenai hal-hal yang belum Anda pahami. Kami akan menjawab pertanyaan Anda dengan senang hati.

    Syarat dan Ketentuan ini bersifat dinamis, akan kami kembangkan demi kenyamanan Anda berbelanja. Kami akan memberitahu Anda, setiap perubahan yang kami lakukan. Kami berharap, Anda bersedia meluangkan sedikit waktu untuk membaca Syarat dan Ketentuan secara berkala di web kami. Hanya Syarat dan Ketentuan versi terakhir yang kami tampilkan di web.

    Segala perubahan yang kami lakukan semata-mata bertujuan agar Anda semakin nyaman dalam berbelanja. Harapan kami, jalinan kemitraan Anda dengan kami akan semakin erat. Jika ada sesuatu yang Anda rasa kurang sesuai dari perubahan tersebut, silakan komunikasikan dengan kami. Terima kasih dan terimalah salam persahabatan dari kami. Selamat berbelanja.

  2. DEFINISI

    Dalam Syarat dan Ketentuan ini yang dimaksud dengan:

    1. Syarat dan Ketentuan adalah perjanjian antara Pengguna dan CV Gratis Ongkir yang berisi seperangkat ketentuan mengenai hak, kewajiban, dan tanggung jawab pengguna, layanan dari CV Gratis Ongkir, serta tata cara penggunaan sistem Gratis Ongkir.
    2. CV Gratis Ongkir adalah suatu badan usaha yang menjalankan kegiatan usaha marketplace melalui laman www.gratisongkir.id, untuk selanjutnya disebut Gratis Ongkir.
    3. Situs web Gratis Ongkir adalah akses yang dapat dibuka melalui browser di alamat www.gratisongkir.id atau aplikasi yang dapat diunduh melalui playstore android dengan kata kunci Gratis Ongkir, untuk selanjutnya disebut Situs Gratis Ongkir.
    4. Pengguna adalah pihak yang menggunakan layanan Gratis Ongkir, meliputi pembeli, penjual, maupun pihak lain yang sekedar berkunjung ke Situs Gratis Ongkir.
    5. Pembeli adalah Pengguna terdaftar yang melakukan permintaan atas barang yang dijual oleh Penjual pada Situs Gratis Ongkir.
    6. Penjual adalah Pengguna terdaftar yang membuka toko dan/atau melakukan penawaran atas suatu barang kepada para Pengguna Situs Gratis Ongkir.
    7. Agen adalah Pengguna yang ditunjuk oleh Gratis Ongkir untuk mengelola persediaan produk tertentu di suatu lokasi dan mengantarkan Produk pesanan kepada Pembeli.
  3. PENGGUNAAN

    Persyaratan penggunaan adalah penjelasan untuk Pengguna mengenai syarat, izin, dan wewenang untuk Pengguna selama menggunakan Situs Gratis Ongkir. Persyaratan penggunaan akan berakhir sebagaimana diatur dalam Syarat dan Ketentuan atau jika Pengguna tidak dan/atau gagal mematuhi persyaratan atau ketentuan Perjanjian ini. Gratis Ongkir bisa melakukan pengakhiran tersebut dengan atau tanpa pemberitahuan kepada Pengguna.

    1. Gratis Ongkir sangat menghargai Pengguna dan menganggap Pengguna telah memahami dan menyetujui hal-hal berikut
      1. Harga yang tertera di Situs Gratis Ongkir adalah harga yang berlaku di daerah operasional Gratis Ongkir.
      2. Pembeli bertanggung jawab atas akun dan password miliknya dan membebaskan Gratis Ongkir dari resiko atas penyalahgunaan akun tersebut.
      3. Pengguna paham dan setuju bahwa Gratis Ongkir tidak akan menanggung kerugian yang dialami Pengguna sebagai akibat Pengguna tidak bisa mengakses Situs Web Gratis Ongkir.
      4. Pengguna wajib memberikan data yang benar dalam pengisian profil dalam Situs Web Gratis Ongkir ketika mendaftar sebagai Pembeli.
    2. Gratis Ongkir meminta agar Pengguna berkomitmen dan mematuhi ketentuan-ketentuan sebagai berikut.
      1. Memanipulasi data identifikasi guna menyamarkan asal konten yang dikirimkan ke Gratis Ongkir.
      2. Mengambil atau mengumpulkan informasi dari pengguna lain, seperti alamat email, gambar produk, deskripsi, spesifikasi, data penjual, dan informasi-informasi lain.
      3. Mengunggah, mengirimkan, dan menyediakan konten yang melanggar hukum, memiliki dan/atau mengandung unsur ancaman, kasar atau kekerasan, melecehkan, meresahkan, membuat bingung, ketidakbenaran (hoaks), pornografi, pencemaran nama baik, kebencian, atau menyinggung sara.
      4. Mengunggah, mengirim email, mem-posting, mengirimkan, atau menyediakan materi yang berisi virus, mallware, kode, file, maupun program komputer lain yang dirancang untuk secara langsung atau tidak langsung memanipulasi, mengganggu, dan/atau menghancurkan fungsi perangkat lunak atau perangkat keras bahkan data komputer atau perlengkapan gawai.
      5. Memengaruhi, memanipulasi, mengganggu server atau jaringan yang berakibat merugikan pengguna lain.
      6. Melakukan tindakan atau terlibat dalam perilaku yang secara langsung atau tidak langsung dapat merusak, melumpuhkan, membebani secara berlebihan, mengganggu layanan, server, dan jaringan yang terhubung ke layanan.
      7. Menggunakan fitur Situs Gratis Ongkir secara sengaja atau tidak sengaja untuk melanggar hukum, peraturan, pedoman, atau kebijakan, yang berlaku.
      8. Menggunakan layanan untuk melanggar atau mengganggu privasi pihak lain; Anda memahami bahwa semua konten, baik yang di-posting untuk umum maupun dikirimkan secara pribadi, merupakan tanggung jawab pengguna. Gratis ongkir tidak bertanggung jawab atas konten yang diunggah, di-posting, atau dikirim melalui email oleh pengguna. Gratis ongkir tidak bertanggungjawab atas kebenaran setiap konten milik dan/atau menjadi tanggung jawab pengguna yang di-posting melalui situs gratis ongkir.
      9. Menggunakan Situs Gratis Ongkir di luar aturan/kebijakan penggunaan setiap jaringan komputer yang terhubung, standar internet yang berlaku, dan ketentuan hukum lain yang berlaku.
      10. Anda mengakui bahwa Gratis Ongkir adalah pihak yang memiliki hak atas kebijakan terhadap semua konten untuk melakukan pemilahan di awal, menolak, serta menghapus, membekukan, atau memindahkannya, dalam hal ini tidak terbatas pada setiap konten atau informasi yang di-posting oleh Pengguna.

  4. AKUN DAN KEAMANAN

    Ketika ada Pengguna yang mendaftar ke Situs Gratis Ongkir, Pengguna tersebut akan mendapatkan akun. Akun akan di kelola oleh Pengguna itu sendiri dan Gratis Ongkir berharap tidak adanya campur tangan orang lain karena akun bersifat pribadi. Akun akan berisi informasi pribadi Pengguna, sehingga menjadi tanggung jawab Pengguna.

    Berdasarkan pemaparan di atas, Pengguna bertanggung jawab untuk menjaga kerahasiaan dan keamanan atas akun. Hal tersebut meliputi username dan password serta Pengguna bertanggung jawab atas segala aktivitas yang dilakukan berdasarkan oleh akun yang didaftarkan pada Gratis Ongkir.

    Selain poin yang telah disebutkan, dengan ini Pengguna juga menyetujui untuk hal-hal berikut.

    1. Selalu mengakhiri setiap sesi aktivitas akun dengan tombol log out dari Situs Gratis Ongkir untuk menghindari adanya penyalahgunaan atas akun Pengguna oleh Pengguna lain.
    2. Tidak meminta maupun menawarkan data akun siapa pun, termasuk akun milik sendiri ataupun orang lain kepada Pengguna lain dengan tujuan komersial atau non komersial agar ada/terjadi transfer data informasi akun.
    3. Tidak meminjamkan akun kepada Pengguna lain tanpa adanya pengawasan secara langsung dari pemilik akun.
    4. Tidak mengunakan akun untuk melakukan kecurangan dalam segala aktivitas di Situs Gratis Ongkir.
    5. Pengguna memahami bahwa semua konten, baik yang di-posting untuk umum maupun dikirimkan secara pribadi, merupakan tanggung jawab Pengguna agar tidak menganggu privasi dari Pengguna lainnya. Gratis Ongkir tidak bertanggung jawab atas konten yang diunggah, di-posting, atau dikirim melalui email oleh Pengguna. Gratis Ongkir tidak bertanggung jawab atas kebenaran setiap konten milik dan/atau menjadi tanggung jawab Pengguna yang di-posting melalui Situs Gratis Ongkir.
    6. Gratis Ongkir memiliki hak untuk membatasi, memblokir, atau mengakhiri pelayanan dari suatu akun, hingga memberikan larangan akses ke Situs Gratis Ongkir.
    7. Gratis Ongkir menerapkan sistem keamanan penyimpanan data Pengguna dalam pemanfaatan dan pengolahan data, termasuk pemindahan data, sesuai dengan peraturan perundang-undangan dan hukum yang berlaku.
  5. TRANSAKSI

    Dalam Syarat dan Ketentuan transaksi ini akan dijelaskan poin dan batasan dalam melakukan transaksi selama di dalam Gratis Ongkir. Para Pengguna yang menggunakan layanan Gratis Ongkir secara tidak langsung setuju dan menyetujui ketentuan-ketentuan yang tertulis di Situs Gratis Ongkir yang berkaitan dengan transaksi.

    Syarat dan Ketentuan dalam transaksi ini meliputi pemesanan, pembayaran, pengiriman, pengembalian produk, pengembalian pembayaran, pembatalan pesanan, barang yang tidak dapat dikembalikan, dan produk khusus 18+.

    1. Pemesanan
      1. Harga yang tertera di Gratis Ongkir adalah harga yang berlaku di daerah operasional Gratis Ongkir.
      2. Gratis Ongkir selalu berusaha untuk memberikan deskripsi yang akurat tentang Produk, namun tidak bertanggung jawab atas jaminan bahwa deskripsi tersebut akurat, terkini atau bebas dari kesalahan.
      3. Semua harga untuk produk terdaftar termasuk PPN, kecuali penjual bukan PKP.
      4. Gratis Ongkir berhak untuk mengubah harga setiap saat tanpa memberikan alasan apapun atau pemberitahuan sebelumnya.
      5. Tampilan barang yang dilihat Pembeli ketika memilih barang adalah sesuai dengan kondisi barang yang ada di persediaan supplier (pemasok/penyedia). Namun, terkadang warna barang yang tampil di layar ada perbedaan dengan aslinya karena adanya pembiasan oleh layar gawai/gadget. Gratis Ongkir telah melakukan upaya terbaik untuk memastikan warna barang-barang dalam foto-foto yang ditampilkan di Situs Gratis Ongkir sama dengan warna barang senyatanya.
      6. Pembeli akan dibebaskan biaya layanan kirim ke rumah atau alamat kirim yang dikehendaki. Apabila pembelian di bawah Rp100.000,00 (seratus ribu rupiah) maka Pembeli akan dikenakan biaya layanan.
      7. Pembeli memahami dan menyetujui bahwa ketersediaan stok produk/barang merupakan tanggung jawab Penjual. Persediaan/stok produk/barang dapat berubah sewaktu-waktu.
      8. Pembeli memahami dan menyetujui bahwa setiap komplain pesanan yang dibuat setelah adanya konfirmasi penerimaan pesanan bukan menjadi tanggung jawab Gratis Ongkir. Kerugian yang timbul setelah adanya konfirmasi penerimaan pesanan menjadi tanggung jawab Pembeli.
    2. Pembayaran
      1. Gratis Ongkir menyediakan berbagai layanan pembayaran untuk digunakan oleh Pengguna. Layanan pembayaran yang disediakan tersebut sudah terpercaya dalam menyediakan berbagai metode pembayaran.
      2. Produk yang tersedia dalam Situs Gratis Ongkir adalah milik Penjual dan bukan milik Gratis Ongkir.
      3. Dalam keadaan stok produk kosong, maka penjual berhak menolak order, dan pembayaran pesanan dikembalikan kepada Pembeli.
      4. Pembeli diharuskan membayar secara penuh setiap transaksi yang telah di-check-out oleh Pembeli dalam waktu yang telah ditentukan.
      5. Pembayaran oleh Pembeli wajib dilakukan segera (selambat-lambatnya dalam batas waktu 3 x 60 menit) setelah Pembeli melakukan check-out. Jika dalam batas waktu tersebut pembayaran atau konfirmasi pembayaran belum dilakukan oleh Pembeli, Gratis Ongkir berhak untuk membatalkan pesanan. Pembeli tidak berhak mengajukan tuntutan atas pembatalan pesanan tersebut.
      6. Dalam setiap transaksi, Gratis Ongkir membebaskan Pembeli memilih metode pembayaran yang paling mudah dilakukan. Terkadang dalam proses pembayaran Pembeli akan dikenakan biaya transaksi oleh pihak penyelenggara pembayaran.
      7. Pembeli dianggap telah mengerti bahwa segala transaksi yang dilakukan selain melalui rekening resmi Gratis Ongkir tanpa sepengetahuan Gratis Ongkir merupakan tanggung jawab Pembeli.
      8. Apabila ada kecurigaan atas transaksi pesanan, Gratis Ongkir berhak sepenuhnya menolak pembayaran tanpa pemberitahuan terlebih dahulu kepada Pembeli.
      9. Pembayaran dengan metode setoran tunai ke bank, wajib menuliskan nomor PO dan nama Pembeli pada kolom berita di slip setoran. Pembayaran setoran tunai tanpa keterangan akan memperlambat proses konfirmasi di Gratis Ongkir.
      10. Pembeli yang telah melakukan pembayaran melalui layanan pembayaran yang telah disediakan oleh pengelola Gratis Ongkir dapat melakukan pengecekan status pada dashboard profil dan pada kolom pembelian. Status belum terbayar akan berubah menjadi sudah terbayarkan serta akan terlihat detail pembayaran yang telah digunakan oleh Pembeli.
      11. Setelah ada konfirmasi penerimaan pesanan atau transaksi dianggap selesai, maka dana hasil transaksi yang dikirimkan ke rekening Gratis Ongkir akan dilanjut kirimkan kepada Penjual.
      12. Gratis Ongkir berhak mengambil keputusan atas permasalahan-permasalahan transaksi yang belum terselesaikan akibat tidak adanya kesepakatan antara Penjual dan Pembeli, dengan melihat bukti-bukti yang ada. Keputusan Gratis Ongkir adalah keputusan akhir (final) yang tidak dapat diganggu gugat dan mengikat pihak Pembeli yang terkait.
      13. Penjual memahami dan menyetujui bahwa invoice yang diterbitkan adalah atas nama Pembeli.
    3. Pengiriman
      1. Durasi pengiriman produk pesanan adalah minimal 2 jam dan maksimal 3 x 24 jam.
      2. Gratis Ongkir menggunakan agen sebagai pihak pengirim, kecuali produk-produk tertentu akan dikirimkan langsung oleh Penjual.
      3. Pembeli tersebut telah memahami dan menyetujui bahwa setiap permasalahan yang muncul setelah barang diterima adalah tanggung jawab Pembeli. Oleh karena itu Pembeli diwajibkan memeriksa barang pada saat serah terima barang dari Agen.
      4. Gratis Ongkir tidak menerima pengembalian atau pengiriman kembali barang atas transaksi yang dilakukan oleh Pembeli jika kondisi barang berbeda dengan kondisinya ketika dilakukan pengiriman.
    4. Pengembalian Produk (Retur)

      Pembeli dapat mengajukan proses return (atau pengembalian produk) apabila memenuhi ketentuan berikut.

      1. Spesifikasi produk yang diterima berbeda dengan spesifikasi produk yang dipesan.
      2. Produk yang dibeli rusak, tetapi masih dalam masa garansi (dapat dibuktikan dengan surat garansi), maka produk tersebut akan dapat diklaimkan kepada pihak supplier.
      3. Produk yang layak/disetujui diganti akan diganti dengan produk lain sejenis sesuai dengan stok produk yang tersedia. Apabila tidak ada stok, maka akan dilakukan mediasi antara Pengguna dan supplier agar menemukan jalan keluar atas permasalahan tersebut.
      4. Dalam proses return yang disebabkan bukan karena Pembeli, maka Pembeli tidak menanggung biaya retur.
    5. Pengembalian Pembayaran (Refund)

      Ketentuan proses refund (pengembalian uang) sebagai berikut.

      1. Tidak ada stok produk pengganti untuk proses return dan Pembeli memilih menarik dana yang sudah dibayarkan.
      2. Penggantian uang dilakukan dengan mentransfer ke rekening Pembeli yang telah dikonfirmasi oleh Gratis Ongkir.
      3. Untuk transaksi produk dengan cara COD, pengembalian uang dapat dilakukan melalui agen atau ditransfer ke rekening Pembeli.
      4. Apabila proses refund secara transfer menimbulkan biaya administrasi, maka biaya tersebut dibebankan kepada (menjadi tanggung jawab) Pembeli.
      5. Jangka waktu maksimal pengembalian dana adalah 7 hari kerja setelah barang yang dikembalikan diterima oleh Gratis Ongkir.
      6. Gratis Ongkir dibebaskan dari tanggung jawab untuk membayar denda dan bunga/interest serta sanksi lain sehubungan dengan jangka waktu proses refund tersebut.
    6. Pembatalan Pesanan
      1. Gratis Ongkir berhak membatalkan pesanan jika salah satu atau lebih dari kondisi di bawah ini terjadi.
        1. Untuk pembayaran melalui transfer, Gratis Ongkir belum menerima pelunasan setelah lebih dari 3 x 60 menit.
        2. Untuk pembayaran COD, Pembeli tidak dapat dikonfirmasi atas pesanan barang yang dilakukannya.
        3. Alamat pengiriman tidak jelas.
      2. Pembeli atau Pemesan bisa membatalkan pesanan jika salah satu atau lebih dari kondisi ini terjadi.
        1. Pembeli atau pemesan belum melakukan pembayaran.
        2. Gratis Ongkir gagal memenuhi pesanan Pembeli sesuai batas waktu yang telah ditentukan.
        3. Barang yang dikirimkan oleh Gratis Ongkir tidak sesuai dengan yang dipesan oleh Pembeli.
    7. Barang yang Tidak Dapat Dikembalikan

      Pembeli tidak bisa mengembalikan atau meretur barang pesanan jika salah satu atau lebih dari kondisi ini terjadi.

      1. Barang rusak karena kesalahan Pembeli.
      2. Pesanan yang salah karena kesalahan Pembeli ketika melakukan pemesanan.
      3. Barang sudah dipakai dan habis masa garansinya.
    8. Produk Khusus 18+
      1. Pembeli sepenuhnya mengetahui dan memahami bahwa terdapat produk dalam Situs Gratis Ongkir yang hanya dapat dibeli oleh Pembeli yang telah berusia minimal 18 (delapan belas) tahun.
      2. Apabila informasi minimal usia pembelian produk khusus yang diberikan Pembeli ternyata tidak benar, Gratis Ongkir menyatakan tidak bertanggung jawab atas segala akibat yang dapat terjadi sehubungan dengan pembelian produk khusus tersebut.
  6. HAK ATAS KEKAYAAN INTELEKTUAL

    Seluruh isi atau konten yang ada pada Situs Gratis Ongkir menjadi hak cipta Gratis Ongkir dan dilindungi sepenuhnya oleh Undang-Undang. Undang-undang tersebut bersifat sebagai perlindungan hukum kepada Gratis Ongkir, termasuk nilai ekonomis yang terkandung di Gratis Ongkir. Segala pelanggaran terhadap HKI akan diproses berdasarkan hukum yang berlaku di Indonesia.

  7. PENYELESAIAN PERSELISIHAN

    Gratis Ongkir berkomitmen memberikan pelayanan terbaik kepada para Pengguna. Dalam hal ini kami mewadahi ketika adanya perselisihan yang membuat Pengguna tidak nyaman, pelayanan tersebut meliputi:

    1. Jika terjadi ketidakpuasan dalam pelayanan, Pengguna bisa menyampaikan keluhan (komplain) melalui alamat surat elektronik (surel) atau email: cs@gratisongkir.id dan nomor telepon: 0812 6200 6600.
    2. Apabila setelah diupayakan penyelesaian perselisihan antara Pengguna dan Gratis Ongkir secara musyawarah tidak berhasil, maka Pengguna setuju untuk menyelesaikannya melalui jalur hukum di Pengadilan Negeri Klaten.